Tanda Janin Tidak Berkembang

 

Foto: Cv/gadogado


Tanda -tanda janin tidak berkembang pada awal kehamilan dapat dideteksi melalui USG dan dapat diperiksa mulai pada minggu ke -7 kehamilan.

Tanda -tanda janin tidak berkembang pada awal kehamilan dapat terjadi tanpa diketahui oleh beberapa wanita karena biasanya hanya beberapa minggu setelah proses ovulasi dan pembuahan.

Tes kehamilan dapat berubah menjadi negatif beberapa hari setelah ibu dinyatakan positif atau bahkan dinyatakan keguguran awal setelah melakukan USG ketika ovum yang rusak terjadi.

Biasanya, kehamilan terjadi ketika sperma menyuburkan telur tak lama setelah ovulasi terjadi. Hanya dalam beberapa jam, telur yang dibuahi akan mulai membelah dan akhirnya membentuk embrio.

Implantasi yang terjadi juga merangsang plasenta untuk mulai berkembang dan membuat kadar hormon kehamilan seperti peningkatan HCG. Embrio ini akan terus tumbuh dan ketika dalam USG awal akan mulai muncul seperti bintik -bintik yang menunjukkan usia kehamilan sekitar 5 hingga 6 minggu.

Sementara itu, dokter hanya mulai mendeteksi tanda janin untuk tidak berkembang melalui USG pada minggu ke -7 kehamilan dengan karakteristik embrio muncul bukan pada ukuran normal dan kosong.

Penyebab utama ovum yang rusak atau kehamilan kosong. Meluncurkan dari halaman yang diharapkan, keguguran awal disebabkan oleh kelainan kromosom. Bahkan sejumlah penelitian menunjukkan bahwa lebih dari dua pertiga keguguran ovum melibatkan kelainan genetik. Telur yang dibuahi mungkin memiliki kromosom ekstra atau bahkan kehilangan satu kromosom yang menunjukkan tidak adanya campuran bahan genetik yang tepat sehingga berhenti berkembang. Ini tidak dapat dicegah dan bukan kesalahan antara ayah atau ibu.


Gejala dan tanda -tanda janin tidak berkembang

Tanda janin tidak berkembang pada awalnya hampir sama dengan kehamilan normal secara umum karena sudah ada hormon dan telur HCG dan sperma di dalam rahim.

Wanita yang mengalami ovum yang rusak ini kadang -kadang memiliki gejala yang sama seperti kehamilan normal, yaitu merasakan mual di pagi hari, sakit payudara, perut kembung, dan banyak lagi. Kadar dan gejala kehamilan HCG dalam tubuh akan mulai turun dan menghilang ketika telur gagal dibuahi menjadi embrio.


Berikut ini adalah gejala atau tanda -tanda janin yang tidak berkembang :

1. Mengalami pendarahan yang parah

Pendarahan ringan dalam bentuk bintik adalah normal dan bisa menjadi tanda kehamilan dini. Tetapi jika sang ibu tahu bahwa paket tes hamil positif tetapi ada pendarahan parah dan parah seperti wanita menstruasi, maka ini adalah tanda janin yang tidak berkembang menyebabkan keguguran.

Jika ini terjadi, ibu harus segera datang ke rumah sakit untuk memeriksanya sehingga pendarahan ini tidak membuat ibu lemah atau memiliki masalah lain. Sementara itu, tanda janin tidak berkembang tanpa pendarahan hampir tidak biasa.


2. Mengalami kram perut yang parah

Kram biasanya terjadi ketika wanita mengalami menstruasi, ketika kram hamil juga dapat terjadi tetapi intensitasnya masih dapat dikontrol dan memudar dari waktu ke waktu dan perawatan yang tepat.

Tapi ini bukan pertanda baik jika kram disertai dengan gejala lain seperti pendarahan parah untuk demam ketika ibu dites positif untuk kehamilan. Kram ini dapat menunjukkan komplikasi kehamilan lainnya termasuk kehamilan ektopik atau tanda -tanda janin yang tidak berkembang sehingga membutuhkan perawatan medis lebih lanjut. Jangan ragu untuk pergi ke dokter jika ini terus terjadi.


3. Pemeriksaan ultrasonografi abnormal

Tanda -tanda janin yang tidak berkembang dapat dilihat melalui pencitraan ultrasound yang dilakukan oleh dokter. Selama kehamilan, ibu diharuskan untuk secara teratur memeriksa kehamilannya dari trimester pertama ke trimester ketiga sebelum persalinan.

Pada awal kehamilan, jika ada tanda janin yang tidak berkembang, dokter akan melihat pencitraan dalam USG seperti kantung kehamilan yang lebih kecil, tidak sesuai dengan usia kehamilan, atau tidak adanya embrio dalam kehamilan. Jika benar, dokter akan menjadwalkan perawatan lebih lanjut.


4. Level HCG mulai berkurang dan kemudian menghilang

Pada awal kehamilan, kadar HCG muncul dan membuat garis dua pada paket uji, tetapi jika tanda janin tidak berkembang, hormon HCG akan berkurang sampai hilang.

Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa tes darah menunjukkan kadar hormon HCG dalam kehamilan anembrionik ini akan berada pada tingkat yang lebih rendah mulai dari minggu ke -6 hingga 8. Yang pasti, sang ibu masih perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan!


Seringkah Janin tidak berkembang pada wanita hamil?

Ovum yang rusak atau tanda janin yang tidak disengaja adalah penyebab paling umum dari keguguran awal. Para ahli memperkirakan kondisi ini telah menyumbang sekitar 50% dari semua kondisi keguguran pada trimester awal.

Bahkan sekitar 15% kehamilan dapat berakhir dengan keguguran sebelum 13 minggu kehamilan. Secara umum, semua jenis keguguran telur biasanya akan terjadi pada awal kehamilan dan tanda -tanda janin tidak berkembang tanpa pendarahan sangat jarang.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama